BUDAYA POSITIF

AKSI NYATA DAN BUDAYA POSITIF

Oleh:

Khawadits, S.Pd

Mendidik murid diera modern saat ini menjadi tantangan tersendiri. Pengetahuan tidak hanya mereka dapatkan dari dalam kelas. Lebih dari itu mereka telah menggenggam sumber informasi ditangan-tangan mereka. Sebelum terlalu jauh, maka sebagai guru harus mengawali langkah besar dengan menerapkan budaya Positif dari dalam kelas. Budaya Positif tersebut dapat diejawantah melalui kesepakatan kelas berupa Keyakinan Kelas. Keyakinan Kelas di bentuk agar seluruh warga kelas dapat merasakan semangat positif dalam setiap kegiatannya. Bagaimana tidak, segala aktifitas yang dilakukan warga kelas harus mencerminkan poin-poin yang ada dalam Keyakinan Kelasnya.

Memberi pengarahan


                                                                 menyusun bersama                       

Sebagai langkah awal, guru memberikan pengertian kepada para muridnya tentang arti dan tujuan dibentuknya Keyakinan Kelas. Setelah mereka mengerti maksud dan manfaat dari Keyakinan Kelas itu, mereka dituntun oleh guru bersama-sama merumuskan Budaya-budaya Positif yang tercermin dalam keyakinan kelas tersebut. Tidak ada yang merasa terpaksa atau dipaksa dalam perumusan Keyakinan Kelas tersebut. Semua datang dari hati nurani dan kesadaran yang muncul dari dalam diri mereka sendiri. 

                                            Terbentuklah keyakinan kelas


Selain merumuskan Keyakina Kelas bersama murid dikelas, penulis juga mengadakan Workshop sebagai salah satu langkah dalam pengimbasan materi budaya positif. Penulis berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dan para rekan guru lain dalam menyukseskan acara workshop tersebut. Kegiatan workshop itu dilaksanakan kurang lebih 60 menit plus refleksi dari perwakilan peserta. Demikian aksi nyata ini dilakukan dan sebagai laporan.

    workshop tentang Budaya Positif                                                                  jalannya workshop

 













Comments

Popular posts from this blog

MULAI DARI DIRI - MODUL 2.1