BUDAYA POSITIF
AKSI NYATA DAN BUDAYA POSITIF
Oleh:
Khawadits, S.Pd
Mendidik
murid diera modern saat ini menjadi tantangan tersendiri. Pengetahuan tidak
hanya mereka dapatkan dari dalam kelas. Lebih dari itu mereka telah menggenggam
sumber informasi ditangan-tangan mereka. Sebelum terlalu jauh, maka
sebagai guru harus mengawali langkah besar dengan menerapkan budaya Positif
dari dalam kelas. Budaya Positif tersebut dapat diejawantah melalui kesepakatan
kelas berupa Keyakinan Kelas. Keyakinan Kelas di bentuk agar seluruh warga
kelas dapat merasakan semangat positif dalam setiap kegiatannya. Bagaimana
tidak, segala aktifitas yang dilakukan warga kelas harus mencerminkan poin-poin
yang ada dalam Keyakinan Kelasnya.
menyusun bersama
Sebagai langkah awal, guru memberikan pengertian kepada para muridnya tentang arti dan tujuan dibentuknya Keyakinan Kelas. Setelah mereka mengerti maksud dan manfaat dari Keyakinan Kelas itu, mereka dituntun oleh guru bersama-sama merumuskan Budaya-budaya Positif yang tercermin dalam keyakinan kelas tersebut. Tidak ada yang merasa terpaksa atau dipaksa dalam perumusan Keyakinan Kelas tersebut. Semua datang dari hati nurani dan kesadaran yang muncul dari dalam diri mereka sendiri.
Terbentuklah keyakinan kelas
Selain merumuskan Keyakina Kelas bersama murid dikelas, penulis
juga mengadakan Workshop sebagai salah satu langkah dalam pengimbasan materi
budaya positif. Penulis berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dan para
rekan guru lain dalam menyukseskan acara workshop tersebut. Kegiatan workshop
itu dilaksanakan kurang lebih 60 menit plus refleksi dari perwakilan peserta.
Demikian aksi nyata ini dilakukan dan sebagai laporan.
Comments
Post a Comment